Tiga Imperatif dalam Strategi Inside-Out

Posted: 25 Maret 2010 in Manajemen/Bisnis, Strategi

Imperatif 1: Temukan asimetri dan Potensi

Untuk melakukannya dengan baik, perusahaan perlu untuk mengembangkan kemampuan atau sumber daya yang penting dan pesaing tidak bisa. Sulit bagi mereka untuk mengembangkan sumber daya kecuali jika mereka telah memiliki beberapa potensi menyadarinya.

Langkah pertama adalah menemukan asimetri. Asimetri dapat muncul dalam beberapa cara. Seperti perbankan jaringan Citi, berkembang sebagai akibat dari liku-liku sejarah perusahaan. Pencarian harus mengarah pada pemahaman tentang bagaimana suatu perusahaan berbeda dari para pesaingnya dalam aset yang dimilikinya, proses eksekusi yang digunakannya, dan kombinasi dari hal-hal ini. Itu juga harus memberikan informasi tentang asimetri ini sedang menghasilkan atau mungkin berpotensi menghasilkan sumber daya atau kemampuan yang menghasilkan keuntungan.

Tempat yang baik untuk memulai pencarian asimetri internal adalah menemukan
lebih jelas klien eksternal dan bisnis yang tertarik kepada seorang ketimbang perusahaan pesaing. Selain itu perlu juga mencari di dalam perusahaan.

Imperatif 2: Buat Kemampuan Konfigurasi oleh Desain

Asimetri berevolusi menjadi inti kapabilitas berkelanjutan terutama melalui desain organisasi yang membangun dan mendukung kemampuan mereka dalam konfigurasi yang kohesif.

Ada dua aspek kemampuan konfigurasi. Pertama, mereka yang terdiri dari kombinasi sumber daya yang kohesif dan kemampuan yang sulit untuk ditiru. Sumber daya sederhana seperti paten atau proses kepemilikan dapat dibandingkan dengan lebih kumpulan elemen kompleks seperti sistem distribusi. Jaringan bank Citi, misalnya, mencakup seperangkat elemen yang saling menguatkan berhasil lebih mudah untuk melayani klien multinasional di banyak negara, bisnis dan tersambung ke kontak politik dan berbagi di antara bank, dan satu set common produk dan standar pelayanan di seluruh bank.

Kasus Citi adalah contoh yang baik dari perusahaan yang mengidentifikasi kunci asimetri
(sistem bank internasional dan sambungan jaringan), menyadari bahwa itu bisa menjadi sumber daya yang penting, dan mengembangkan sumber daya yang menjadi konfigurasi kemampuan dengan penempatan dalam desain organisasi yang efektif.

Salah satu aspek yang paling menguntungkan dalam desain konfigurasi adalah mereka menciptakan “siklus saleh” dari kemampuan perangkat tambahan. Siklus yang memutar potensi dari sebuah asimetri menjadi nyata dan kemampuan untuk berkembang.

Imperatif 3: Kejarlah Peluang Pasar yang Membangun dan Meningkatkan Kemampuan

Kemampuan yang paling dalam dan paling terpadu adalah konfigurasi intergatif dimana tidak ada nilai kecuali mengekstraknya menjadi pengembalian superior. Pada saat yang sama, muncul kemampuan yang harus terus-menerus digali dan dievaluasi sehingga mereka dapat menjadi leverage di khalayak yang lebih luas dan serangkaian kesempatan.

Pasar dapat dipandang sebagai satu set ceruk dan peluang bahwa perusahaan harus  meningkatkan kemampuan terbaiknya. Manajer harus bertanya tidak hanya mana peluang, tetapi juga mengapa perusahaan mereka dapat memperoleh dan mengeksploitasi mereka lebih baik daripada pesaing potensial.

Proses penyusunan organisasi dengan baik dan desain dapat membantu para manajer terus-menerus mengidentifikasi asimetri dan potensi kemampuan, menanamkannya dalam konfigurasi yang tumbuh dan mengeksploitasi mereka, dan meningkatkan kemampuan mereka dalam peluang pasar. Memang, desain yang efektif memberikan sarana untuk membawa bersama-sama mengembangkan sumber daya dan memunculkan peluang ikatan dalam suatu proses yang berkelanjutan yang mendukung keuntungan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s