Meninggalkan software bajakan dan memakai yang legal dan gratis

Posted: 1 November 2009 in Manajemen/Bisnis, Teknologi

Hampir setiap komputer baik komputer PC maupun laptop / notebook di Indonesia tercinta ini mengandung program aplikasi yang ilegal alias software bajakan. Sebagian orang mungkin menganggap bahwa software yang mereka pakai adalah legal, namun jika ditelusuri mungkin ternyata bajakan.

Kegiatan bajak membajak di Indonesia termasuk subur dan mendarah daging. Hampir di setiap pusat perbelanjaan menjual vcd dan dvd film bajakan, piranti lunak bajakan, lagu bajakan, dan lain sebagainya. Untuk membedakannya cukup mudah antara software yang bajakan dengan yang asli. Dari segi harga, jelas yang bajakan lebih murah daripada yang asli.

Menggunakan software ilegal atau bajakan adalah perbuatan melanggar hukum. Dengan memakai produk software bajakan, kita jadi ketagihan dan terbiasa dengan software yang bagus dengan harga yang mahal, namun kita tidak mau membayar sepeser pun untuk menggunakannya. Ibaratnya kita seperti telpon ke luar negeri tanpa membayar ke operator.

OpenOffice Sebagai Pengganti Microsoft Office

Saat ini telah beredar salah satu program aplikasi office keluaran Sun Microsystem yang bernama OpenOffice. Software ini berbasis open source. Seperti Microsoft Office, aplikasi ini juga dilengkapi dengan aplikasi pengetikan (MS Word), Speadsheets (MS Excel), presentasi (MS Powerpoint ) dan lain sebagainya yang biasa terdapat dalam aplikasi office. Informasi lebih lanjut tentang OpenOffice dapat di dapat pada website openoffice yaitu http://www.openoffice.org/

Beberapa keuntungan yang di dapat dari OpenOffice antara lain:

  1. Dapat di gunakan dalam banyak sistem operasi antara lain Windows, Mac, Linux dan sistem operasi buatan sun sendiri yaitu solaris. Karena menggunakan sistem JAVA yang kompatible dengan berbagai sistem operasi.
  2. 2. Dapat membaca dokumen dari format apapun seperti “.doc(MS.word)”, “.xls(MS.exel)”.ppt (MS.power point)” dan lain sebagainya terutama format openoffice sendiri yaitu “.odt”. Bahkan tidak perlu repot bila kita ingin menjadikan tulisan kita ke format .pdf karena sudah ada fasilitasnya tinggal klik tanpa perlu menginstall apa-apa lagi.
  3. 3. Salah satu yang hebat dari aplikasi office ini adalah aplikasi ini gratis! Kita dapat mendownload dan menggunakannya pada beberapa komputer tanpa biaya lisensi, bandingkan dengan Microsoft Office yang menarik biaya lisensi pada 1 komputer yang menginstall MS Office (dengan kata lain membeli CD MS Office yang hanya bisa di install 1 kali). Ini merupakan penghematan yang luar biasa untuk kemampuan yang sama.
  4. 4. Dengan demikian dapat di simpulkan dari pada membeli aplikasi MS Office bajakan anda lebih baik menggunakan OpenOffice yang notabene gratis dengan fitur yang sama dengan MS.office.

“free is better than piracy”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s